Rabu, 27 Juli 2016

Cara Mengatasi Tidak Bisa Masuk Layanan Google

Mungkin diantara teman-teman yang masuk ke blog ini, merupakan salah seorang yang mencari solusi akibat adanya error pada android karena tidak bisa masuk ke layanan google, jadi ketika masuk ke layanan google selalu muncul peringatan “check your internet connection and try again” atau kalau dalam bahasa indonesia “periksa koneksi internet anda dan coba lagi”,

Tidak Bisa Masuk Layanan Google
Tidak Bisa Masuk Layanan Google


 padahal jika kita gunakan internet untuk browsing atau untuk aplikasi yang lain maka akan lancar-lancar saja. Karena adanya error tersebut kita tidak akan bisa masuk ke akun google dan tidak bisa menggunakan aplikasi layanan google seperti gmail, youtube, playstore, dll.

Masalah yang sama pernah saya alami dan setelah mencari tahu apa penyebab terjadi error tersebut, hal tersebut dikarenakan saya menggunakan aplikasi freedom yang dilarang oleh google karena berbahaya, kemudian google memblokir IP address internet kita demi keamanan, sehingga kita tidak dapat mengakses layanan dari google.

Ketika kita mencoba login atau menambahkan akun google baru selalu muncul peringatan.

tidak dapat masuk, tidak dapat melakukan sambungan yang dapat diandalkan ke server. mungkin ini masalah server sementara atau perangkat android anda mungkin tidak dapat mengakses layanan data. jika masalah tetap ada hubungi dukungan pelanggan.
 atau jika android anda dalam bahasa inggris.

can’t establish a realible connection to the server. This coluld be a temporary problem or your android device not be provisioned for data services. If it continues, call customer care.
Aplikasi lainnya yang berpotensi menyebabkan error tersebut adalah aplikasi-aplikasi cheat seperti freedom, lucky patcher, dan aplikasi yang dapat merubah jalur internet seperti Free DNS, dll. Hal tersebut sebenarnya dilakukan google agar kita tidak melakukan kecurangan seperti membeli gems atau coin game menjadi gratis, membeli aplikasi yang harusnya berbayar menjadi gratis, merubah jalur internet untuk mendapatkan akses internet gratis dan hal-hal ilegal lainnya. Juga bertujuan agar handphone kita lebih aman dari serangan malware (program jahat). Oke itulah penjelasannya semoga mudah dipahami, dan berikut ini cara mengatasi agar error tersebut tidak muncul.

1. Untuk melakukan hal ini android anda harus sudah di root, kemudian Uninstall aplikasi terlarang penyebab terjadinya error seperti yang sudah saya sebutkan di atas (boleh tidak di uninstall tapi kemungkinan akan terjadi error lagi di kemudian hari).
2. install dan buka root explorer, bisa di download disini : http://www.apkhere.com/app/com.speedsoftware.rootexplorer
3. masuk ke folder system/etc/
4. klik pada sebelah tulisan “mount as/rw” lalu cari dan klik file “host” kemudian pilih “text editor”
5. edit file host tersebut dengan menghapus ip google. sebagai contoh, jika isi di file host terdapat data seperti berikut :

127.0.0.1 localhost
127.27.102.44 android.client.google.com
edit data tersebut sehingga yang tersisa hanya
127.0.0.1 localhost
6. Pilih menu kemudian klik “edit dan save”
7. Selesai. Langkah ke 7 ini boleh dilakukan atau tidak, tekan agak lama pada file host setelah muncul pilihan, pilih permission lalu setting menjadi seperti gambar berikut :



Sebenarnya ada beberapa penyebab tidak bisa masuk ke layanan google, namun jika kamu tidak bisa masuk layanan google karena telah menginstall aplikasi terlarang, kamu bisa mencoba cara tersebut di atas.

andikahnc

0 komentar:

Posting Komentar